Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Ternate Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Drainase di Pemukiman Belum Terselesaikan

  • Oleh Naco
  • 18 Oktober 2020 - 17:31 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Anggota Komisi IV DPRD Kotawaringin Timur, Handoyo J Wibowo mengakui kondisi drainase di daerah permukiman warga masih belum sepenuhnya terselesaikan pemerintah daerah. 

Pasalnya, saat musim hujan tiba sejumlah permukiman tergenang banjir lantaran juga debit air terlalu tinggi di atas kemampuan drainase.

"Persoalan di drainase masih terjadi. Buktinya ketika musim hujan seperti ini banyak drainase belum mampu mengalirkan air hujan," katanya, Sabtu 18 Oktober 2020.

Menurutnya, kondisi permukiman di Kota Sampit memang harus dibenahi secara total. Pemerintah kabupaten harus melakukan normalisasi menyeluruh terhadap sungai pembuangan yang ada.

Misal seperti sungai Pamuatan, sungai pengeringan di Baamang, Sungai Mentawa yang ada di Kecamatan MB Ketapang. Setelah itu dilanjutkan dengan normalisasi drainase permukiman.

"Yang pekerjaan berat itu bagaimana melakukan normalisasi total untuk sungai-sungai yang ada di jalur pengeringan," ucapnya.

Karena kata politisi Demokrat ini di situ yang jadi penampung pertama saat hujan melanda sebelum dialirkan ke Sungai Mentaya

Handoyo mengakui seharusnya sudah ada rencana normalisasi sungai. Salah satunya Sungai Pamuatan, namun proyek itu batal dilaksanakan. 

Padahal sudah masuk dalam paket proyek multiyears tahun 2018 silam. Ke depannya diharapkan khusus dalam kota ini adalah menyelesaikan daerah yang permukimannya tergenang banjir ketika musim hujan. 

Handoyo juga menekankan peran aktif dari masyarakat untuk melakukan pembersihan drainase di sekitar lingkungan. Jangan terlalu banyak membebankan hal kecil untuk pemerintah. (NACO/B-6)

Berita Terbaru