Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Banjir Bandang Kembali Terjang Batu Bus

  • Oleh Trisno
  • 20 Oktober 2020 - 12:45 WIB

BORNEONEWS, Puruk Cahu - Tingginya intensitas hujan yang terjadi di Kabupaten Murung Raya membuat sejumlah desa di bantaran sungai saat ini mulai terancam potensi bencana banjir karena luapan air sungai yang naik cukup signifikan.

Bahkan, pada Senin, 19 Oktober 2020, di Kelurahan Batu Bua Kecamatan Laung Tuhup telah diterjang banjir bandang akibat luapan sungai Laung anak sungai Barito. Banjir yang terjadi merendam ratusan rumah warga setempat dan membuat tidak sedikit warga yang terpaksa mengungsi.

Ilham salah satu warga Kelurahan Batu Bua saat dikonfirmasi via ponsel membenarkan saat ini rumah warga tengah direndam banjir bandang akibat luapan sungai Laung yang begitu cepat karena tingginya curah hujan.

Dan ratusan rumah saat ini terendam dan belum ada tanda tanda air akan surut karena hujan terus terjadi di wilayah tersebut.

Kondisi tersebut membuat tidak sedikit warga yang terpaksa mengungsi karena rumahnya terendam banjir ke rumah rumah warga yang berada di dataran tinggi.

Dirinya mengatakan tahun ini kelurahan batu Bua lebih sering diterjang banjir karena luapan sungai Laung, namun karena sudah menjadi fenomena biasa, warga sudah bersiap sehingga tidak ada korban jiwa akibat banjir termasuk barang rumah tangga yang segera dapat di ungsikan.

Sementara itu Camat Laung Tuhup Supriadi saat dikonfirmasi via ponsel, Senin kemarin membenarkan bahwa saat ini wilayah Kelurahan Batu Bua sedang terendam banjir hingg saat ini.

Pihaknya telah turun ke lapangan untuk meninjau kondisi banjir dan masyarakat yang rumah terendam dalam rangka mendata dan berkoordinasi terkait dengan dukungan bantuan.

Sejauh ini belum mendapat data detail. Namun diperkirakan ada ratusan rumah di kelurahan Batu Bua yang terendam saat ini dan sebagian warga terpaksa mengungsi. (TRISNO/B-5)

Berita Terbaru