Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sugianto Sabran Ingin Pedagang Pasar Terlepas dari Jerat Rentenir

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 29 Oktober 2020 - 18:30 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sugianto Sabran ingin pedagang di pasar terlepas dari jerat rentenir atau yang biasa dikenal masyarakat dengan sebutan koperasi harian atau bank harian.

Harapan ini disampaikan pria yang berpasangan dengan Edy Pratowo dalam Pilgub Kalteng 2020 ini usai menyusuri lorong-lorong Pasar Tamiang Layang atau blusukan dan menemui pedagang di sana, Kamis, 29 Oktober 2020.

"Selama ini saya melihat pedagang dengan modal 1,5 sampai 5 juta meminjam modal ke rentenir dengan bunga pinjaman 20 persen, itu yang harus kita hentikan," ungkap Sugianto.

Menurut dia, selama menjabat sebagai Gubernur Kalimantan Tengah, telah mengambil langkah-langkah untuk mengatasi masalah tersebut. Karena itu Sugianto juga ingin agar pemerintah kabupaten dan kota juga agresif untuk mengatasi masalah tersebut serta melepaskan pedagang kecil dari belenggu rentenir.

Dia juga menjelaskan, alasannya sering blusukan ke pasar-pasar di setiap daerah, yaitu untuk melihat pergerakan ekonomi di pasar yang merupakan tempat interaksi jual beli masyarakat.


"Hari ini bukan dalam rangka kampanye tapi saya ingin melihat kekuatan ekonomi Kalimantan Tengah bagaimana, itu sebabnya saya menyempatkan diri melihat pedagang sayur mayur serta hasil pertanian dan peternakan yang lain," jelasnya.

"Saya juga ingin melihat gambaran pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19 nanti," pungkasnya. (BOLE MALO/B-5) 

Berita Terbaru