Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peletakan Batu Pertama Prasasti Titik Nol Sungai Katingan di Desa Tumbang Kaburai

  • Oleh Abdul Gofur
  • 03 November 2020 - 17:25 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Bupati Katingan Sakariyas didampingi Wakil Bupati Sunardi Litang akhirnya menetapkan titik nol Sungai Katingan yang berada di Desa Tumbang Kaburai Kecamatan Bukit Raya. 

Bupati Katingan Sakariyas,  Selasa,  3 November 2020 mengatakan,  penetapan titik nol Sungai Katingan itu dilakukan  pada tanggal 29 Oktober 2020.

Dalam kesempatan ini juga dirangkai peletakan batu pertama prasasti titik nol Sungai Katingan di Desa Tumbang Kabirai Kecamatan Bukit Raya yang berbatasan dengan wilayah Provinsi Kalimantan Tengah dengan Provinsi Kalimantan Barat. 

Peletakan batu prasasti ini persis di atas batu yang selanjutnya diberi nama 'Batu Haramaung Kiham Panahan'.

Bupati Sakariyas mengatakan, posisi batu prasati itu berada di tepi hulu Sungai Katingan yang mengalir sampai ke hilir yaitu wilayah Kecamatan Katingan Kuala berbatasan langsung dengan Laut Jawa.

Sungai Katingan ini panjangnya mencapai 650 kilometer. Hal ini, tutur Bupati Sakariyas merupakan tonggak sejarah. Pasalnya ini untuk pertama kalinya Sungai Katingan dilaksanakan penetapan titik nol. Sakariyas berharap dengan telah ditetapkannya titik nol Sungai Katingan ini maka diharapkan dapat diikuti oleh pihak provinsi, kota/kabupaten lainnya di seluruh Indonesia. 

Sebagian besar wilayah kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan, sebut Sakariyas dialiri oleh Sungai Katingan.

Hampir seluruh sungai-sungai yang ada di daerahnya bermuara di Sungai Katingan ini. (ABDUL GOFUR/B-5) 

Berita Terbaru