Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Tunjang Tugas Penyuluh, 12 Balai KB Telah Dibangun di Kapuas

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 14 Januari 2021 - 10:56 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dalam menunjang pelaksanaan tugas pokok dan fungsi bagi penyuluh Keluarga Berencana (KB), hingga saat ini tercatat sudah dibangun 12 Balai KB yang tersebar di 12 kecamatan di Kabupaten Kapuas.

Balai ini merupakan program dari Pemerintah Pusat sebagai penunjang sarana dan prasarana yang dijalankan oleh Penyuluh KB dalam melaksanakan Program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) maupun program lainnya yang dilakukan oleh Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas.

Plt Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Kapuas, Dusi melalui Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakkan, Sugiyanto mengatakan balai berfungsi sebagai tempat beraktivitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan pembinaan.

Dilakukan petugas dan pengelola dalam operasional progam kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga tingkat kecamatan.

"Sekarang ini Penyuluh KB diberdayakan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terkhususnya ditingkat kecamatan," kata Sugiyanto, Kamis 14 Januari 2021.

Dengan demikian keberadaan Balai Penyuluhan KB di kecamatan ke depannya juga akan berfungsi sebagai pusat pengendali operasional lini lapangan dan sarana pendukung tugas dan fungsi Penyuluh KB yang diketahui sekarang di Kabupaten Kapuas memiliki 17 orang Tenaga Penyuluh KB.

"Untuk 5 kecamatan yang belum terbangun balai KB yaitu Kecamatan Selat, Mantangai, Bataguh, Kapuas Kuala, dan Pasak Talawang," ucapnya.

Sementara itu, pada tahun ini sudah dicanangkan akan dibangun balai yang ke 13 dari 17 Kecamatan yang ada di Kabupaten Kapuas yaitu di Kecamatan Mantangai. (DODI RIZKIANSYAH/B-6)

Berita Terbaru