Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Wakatobi Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Harapkan Revitalisasi Huma Betang di 3 Daerah Ini...

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Januari 2021 - 17:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Huma Betang merupakan rumah adat ciri khas dari Provinsi Kalteng dan salah satu peninggalan sejarah dan budaya suku Dayak Kalteng.

Namun, di Kalteng sendiri ada beberapa Huma Betang yang perlu perhatian revitalisasi atau perbaikan dari Pemprov Kalteng, sebab Huma Betang tersebut sudah mengalami kerusakan akibat tergerus usia.

Sekretaris Komisi III DPRD Kalteng, Kuwu Senilawati mengungkapkan ada tiga Huma Betang yang perlu di revitalisasi yakni Huma Betang Toyoi yang terletak di wilayah Tumbang Malahoi, Kecamatan Rungan Kabupaten Gumas.

Kemudian, Huma Betang Temanggung Singa Kenting di Desa Tumbang Kurik, kecamatan Kahayan Hulu Kabupaten Gumas serta Huma Betang Antang Kalang di Desa Tumbang Gagu, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).

"Kita disini berbicara masalah revitalisasi, bukan renovansi sebab revitalisasi dan renovasi merupakan dua hal yang berbeda," ujarnya. Senin, 25 Januari 2021.


"Kita jelas mengedepankan revitalisasi mengingat hal tersebut bertujuan supaya tidak menghilangkan keaslian dari Huma Betang Suku Dayak Kalteng tersebut," jelasnya.

Diungkapkannya juga, bahwa unsur pimpinan Komisi III DPRD Kalteng berencana merealisasikan revitalisasi tersebut melalui APBD dimana dalam anggaran tersebut juga terdapat anggaran pokok pikiran Dewan.

"Kami dari Komisi III sudah sepakat revitalisasi tiga Huma Betang tersebut bisa dijalankan pada tahun 2021 ini, agar Huma Betang di wilayah Kalteng bisa tetap terjaga dan berdiri kokoh," imbuhnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru