Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dahlan Iskan: BIN Sudah Lakukan Hal yang Harus Dilakukan di Awal Covid-19

  • Oleh Testi Priscilla
  • 26 Februari 2021 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pendiri disway.id, Dahlan Iskan mengatakan apa yang dilakukan Badan Intelijen Negara atau BIN di awal-awal pandemi Covid-19 lalu adalah hal yang memang harus dilakukan.

"BIN sudah melakukan apa yang harus dilakukan pada awal-awal Covid-19. Di saat kita semua panik dan tidak ada obat serta tidak ada yang punya pengalaman, BIN membuat bagaimana harus ditemukan obat," kata Dahlan Iskan pada Jumat, 26 Februari 2021.

Hal ini dikatakan Dahlan saat menjadi salah satu pembicara dalam diskusi virtual yang dilaksanakan Beranda Ruang Diskusi bertajuk "Setahun Pandemi, Apa Kabar Vaksin Anak Bangsa".

"Menurut saya langkah itu sangat rintisan, meskipun hasilnya nggak bisa diterima oleh BPOM tetapi beberapa teman saya pengusaha menggunakan obat itu dan betul-betul membuktikan pada saat itu. Sampai saya dikirimi untuk stok di rumah obat yang ditemukan Unair bersama dan angkatan darat itu," tutur Dahlan lagi.

Hingga saat ini menurut Dahlan jika ada kenalannya yang terjangkit Covid-19 selalu dia tawari obat hasil penelitian tersebut walaupun oleh dokter dilarang untuk dikonsumsi.

"Karena pengalaman anak buah saya semua sembuh dengan ini, bukan bukan katanya. Dengan ini kemudian ada beberapa teman saya yang kena lalu saya berikan obat ini tapi kan dokternya menolak, dokter tidak mau," terangnya.

Jadi persoalannya sekarang menurut Dahlan adalah dokter yang menangani pasien tentu punya standar sendiri dan pengalaman serta pengetahuan sendiri sehingga penemuan anak bangsa ini dirasa belum teruji.

"Sama dengan vaksin nusantara karya anak bangsa ini. Saya kalau nanti harus menerima vaksin Covid-19, saya akan memilih vaksin nusantara yang karya anak bangsa," katanya dengan tegas. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru