Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Sungai Penuh Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Ikan Bisa Jadi Solusi Ketahanan Pangan

  • Oleh Hendri
  • 06 Maret 2021 - 12:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Komisi B DPRD Kota Palangka Raya, Norhaini mengajak masyarakat memanfaatkan pekarangan yang ada sebagai tempat budidaya ikan. Itu dinilai penting untuk menciptakan ketahanan pangan.

Hal tersebut tentunya sudah tidak asing lagi, mengingat sebagian masyarakat sudah ada yang melakukannya baik proses pembesaran maupun pembenihan. Menurutnya, budidaya ikan dengan memanfaatkan pekarangan sekitar dirasa menguntungkan.

“Setelah cukup besar, ikan dapat dikonsumsi atau bisa juga dijual kepasar maupun ke tetangga sekitar. Secara tidak langsung, budidaya ikan secara mandiri ini dapat membantu meningkatkan ketahanan pangan masyarakat," ungkapnya, Sabtu 6 Maret 2021.

Politisi Golkar ini menambahkan, sebelum melakukan budidaya ikan di pekarangan maka ada baiknya masyarakat harus menguasai terlebih dulu teknik yang benar sifat biologis ikan.

“Jika ingin benar-benar serius menggelutinya harus memiliki pengetahuan terlebih dahulu. Setidaknya mencari sedikit informasi bagaimana cara membudidaya ikan di pekarangan dengan baik dan benar," kata dia.


"Apabila sudah dirasakan mampu berjalan dengan baik, tidak ada salahnya untuk mencoba dalam skala besar, namun kemampuan SDM juga harus diperhatikan,” pungkasnya. (HENDRI/B-7)

Berita Terbaru