Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sekda Kalteng: Keterbukaan Informasi Publik Salah Satu Ciri Penting Negara Demokratis

  • Oleh Donny Damara
  • 15 Maret 2021 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekda Kalteng, Fahrizal Fitri mengatakan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting sebuah negara demokratis yang menjunjung tinggi kedaulatan rakyat untuk mewujudkan penyelenggaraan negara yang baik.

Hal itu disampaikannya pada saat menghadiri acara Anugerah Keterbukaan Informasi Badan Publik Provinsi Kalteng Tahun 2020 bertempat di Aula Eka Hapakat, Kantor Gubernur Kalteng, Senin, 15 Maret 2021.

"Hak untuk memperoleh informasi merupakan hak asasi manusia, dan keterbukaan informasi publik merupakan salah satu ciri penting negara demokratis," ucapnya.

Dia menjelaskan salah satu urgensi penting keterbukaan informasi publik yaitu untuk mendorong partisipasi dan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan publik.

Dengan adanya keterbukaan informasi publik diharapkan masyarakat dapat semakin aktif terlibat dalam proses pembuatan kebijakan publik, mulai dari tahap perencanaan, hingga evaluasi kebijakan.

"Setiap badan publik juga harus mempunyai kewajiban untuk membuka akses atas informasi publik yang berkaitan dengan Badan Publik tersebut untuk masyarakat luas," ujarnya. (DONNY D/B-6)

Berita Terbaru