Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemadaman Dini Minimalisasi Meluasnya Karhutla

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 20 April 2021 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menilai pemadaman dini bisa meminimalisasi berpotensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) secara meluas.

“Dalam menghadapi Karhutla, salah satunya dengan melakukan pemadaman dini. Pemadaman dini dilakukan dalam meminimalisir kejadian yang berpotensi terjadinya Karhutla secara meluas,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBPK Kalteng, Kibue dalam rilis tertulisnya, Selasa, 20 April 2021.

Apalagi dengan kondisi saat ini beberapa daerah di kabupaten dan kota di Kalteng masih terjadi hujan lebat hingga sedang bisa lebih mudah melakukan pemadaman dini.

“Masih terjadi hujan jadi apabila ada kejadian Karhutla dapat diatasi sedini mungkin oleh pihak terkait di Kabupaten dan Kota,“ ucapnya.

Karhutla juga menjadi perhatian serius Gubernur Kalteng Sugianto Sabran, sebelumnya ia mengingatkan perlunya memprioritaskan pencegahan melalui deteksi dini, monitoring area rawan hostpot aatu titik api, pemantauan kondisi harian di lapangan.

Selain itu penguatan, infrastruktur dan monitoring harus sampai pada level bawah melibatkan Babinsa, Babinkantibmas, kepala desa, tokoh agama untuk edukasi secata terus menerus kepada masyarakat.

Sugianto menilai perlu mencari solusi permanen agar perusahaan dan masyarakat tidak mengolah lahannya dengan cara membakar lahan, dan terus lanjutkan penataan ekosistem gambut.

Sugianto berharap hukum dapat ditegakan tanpa kompromi, dengan memberi sanksi yang tegas sehingga ada efek jera terhadap pelaku pembakaran.

Dia memerintahkan pemerintah kabupaten atau kota harus segera menentukan status keadaan darurat dan membentuk satgas sampai tingkat kelurahan serta desa. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru