Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pelaksanaan Vaksinasi Gotong Royong Hampir Serupa Vaksinasi Umum

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 18 Mei 2021 - 17:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Prinsip dan cara kerja pelaksanaan vaksinasi untuk program vaksinasi gotong royong dinilai mirip dengan pelaksanaan vaksinasi umum yang dilaksanakan oleh pemerintah.

“(Vaksinasi gotong royong) secara garis besar sama dengan vaksinasi umum, pembedanya hanya di pengadaannya. Vaksinasi gotong royong pengadaan dan biayanya ditanggung oleh badan usaha,” terang Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul melalui Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Sofia Wirda Antemas, Selasa, 18 Mei 2021.

Ia menjelaskan, pelaksanaan vaksinasi di Indonesia direncanakan ada dua yakni vaksin umum yang biayanya ditanggung oleh pemerintah dan digratiskan untuk masyarakat. 

Kemudian, ada vaksin gotong royong yang dikhususkan untuk badan usaha yang ingin melakukan vaksinasi terhadap karyawanya. Tujuannya agar terbentuk kekebalan kelompok atau herd immunity untuk menunjang produktifitas perusahaan.

“Bagi swasta, dianggap mampu (membayar vaksin). Mereka diharapkan ada semacam kontribusi memberikan vaksin untuk karyawan,” sebut dia.

Wirda mengatakan untuk pelaksanaan pada vaksinasi gotong royong juga akan dilakukan proses pengecekan kesehatan atau screening sepertihalnya vaksinasi umum.

“Misal penerima vaksin memiliki penyakit akan dilihat apakah vaksin bisa berpotensi memperburuk. Jika ada yang memiliki komorbid yang bisa membahayakan tidak akan dilakukan vaksinasi,”sebut Wirda. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru