Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Anggota DPRD Gunung Mas Berharap BUMDesma Bisa Jadi Sumber PADes

  • Oleh Magang 1
  • 26 Mei 2021 - 12:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun – Anggota DPRD Gunung Mas H Gumer menyambut baik keberadaan Badan Usaha Milik Desa Bersama (BUMDesmas) Parawei Itah 10, yang merupakan BUMDesma dari 10 pemerintahan desa di Kecamatan Tewah.

“Saya harap keberadaan BUMDesmas Parawei Itah 10 bisa menjadi BUMDesma yang berkembang dan maju, menjadi sumber pendapatan asli desa (PADes),” ujarnya saat bersilaturahmi dengan kepala desa (kades) dan pengurus BUMDesma Parawei Itah 10, di kantor BUMDesma Parawei Itah 10 Kelurahan Tewah, Kecamatan Tewah, Selasa malam, 25 Mei 2021.

Selain itu, dia berharap keberadaan BUMDesmas Parawei Itah 10 sekaligus dapat menjadi wadah bagi masing-masing desa untuk bersilaturahmi, karena pastinya akan ada komunikasi dan koordinasi dalam mengurus BUMDesma.

Politisi PDI Perjuangan ini berpesan kepada pengelola BUMDes agar selalu menerapkan transparansi atau keterbukaan dalam mengelola BUMDes, khususnya keuangan, supaya tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Diketahui, BUMDesma Parawei Itah 10 merupakan bentukan 10 pemerintah desa di Kecamatan Tewah, yakni Sei Riang, Tumbang Habaon, Rangan Mihing, Sandung Tambun, Karason Raya, Batu Nyiwuh, Kasintu, Sarerangan, Sumur Mas, dan Batu Nyapau.

Untuk modal usaha BUMDesma Parawei Itah 10 tersebut sebesar Rp2 miliar. Modal itu berasal dari penyertaan modal 10 desa dari dana desa (DD), di mana 1 desa memberi penyertaan modal sebesar Rp200 juta.

Jenis usaha BUMDesma Parawei Itah 10 yang sudah berjalan diantaranya penjualan Alat Tulis Kantor (ATK), foto copy dan penjilidan, BRI Link. Sedangkan untuk usaha Pertashop berupa SPBU mini sedang dipersiapkan dan ditargetkan segera beroperasi. (MAGANG/B-5)

Berita Terbaru