Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Yayasan dan Panti Asuhan Kurnia Ummah Batu Ajih Kebanjiran

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 29 Mei 2021 - 12:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Kota Manis Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) diguyur hujan cukup deras pada Sabtu, 29 Mei 2021. Hujan itu mengakibatkan Yayasan dan Panti Asuhan Kurnia Ummah Batu Ajih (Kubah) di Perumahan Beringin Rindang, Kecamatan Arut Selatan, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) kebanjiran. 

Kondisi dan situasi di Yayasan saat kebanjiran diunggah dan disiarkan secara live streaming melalui akun Medsos Facebook Yayasan Kubah. Dalam video menunjukkan, air telah masuk ke dalam rumah dan penghuni panti asuhan baik pengurus maupun anak-anak mengalirkan air keluar. Mereka juga mengamankan barang-barang berharga ketempat yang lebih aman.

Saat dikonfirmasi, pengurus Yayasan dan Panti Asuhan Kubah, Gunawan membenarkan kejadian tersebut. Adapun penyebab banjir ialah akibat debit air hujan yang banyak, disertai parit perumahan terlalu kecil, sehingga air meluber dan masuk perumahan.

"Paritnya cukup kecil, jadi kalau terjadi hujan  deras seperti saat ini tidak mampu menampung debit air. Selain itu, juga karena di sini (Yayasan dan Panti Asuhan Kubah) pada dasarnya masuk dataran paling rendah," ujarnya kepada Borneonews.

Gunawan menyebut, banjir hanya terjadi di yayasan yang dikelolanya. Sedangkan rumah yang lain dalam kondisi aman. 

"Cuma satu rumah ini saja yang banjir, yang lainnya tidak. Karena memang paritnya kecil dan debit air banyak. Untuk kondisi parit juga bersih," ungkapnya.

"Anak-anak malah asyik bermain, tapi tidak apa-apa, biar mereka refresh dan selalu bahagia serta semangat," tuturnya.

Gunawan menambahkan, banjir tidak berlangsung lama karena begitu hujan mulai reda, air pun secara berangsur surut. Sehingga, semua aktifitas kembali dilanjutkan.

"Banjirnya ngga lama kok. Pas hujan deras aja, lalu ini sudah surut dan anak-anak sudah mulai belajar lagi," tambahnya.

Ia berharap, ada perbaikan drainase dan parit di lingkungan Yayasan dan Panti Asuhan Kubah, supaya apabila terjadi hujan deras, tidak terjadi banjir lagi. (DANANG/B-7)

Berita Terbaru