Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Status Siaga Darurat Penanggulangan Karhutla Kembali Diperpanjang di Kobar

  • Oleh Wahyu Krida
  • 22 Juni 2021 - 14:15 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Status siaga darurat penanggulangan kebakaran hutan dan lahan (karhutla), kembali diperpanjang selama tiga bulan kedepan di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar).

Sekretaris Daerah (Sekda), Konar Suyanto pada Selasa, 22 Juni 2021 seusai rapat koordinasi perpanjangan status siaga penangulangan karhutla yang digelar di Aula Pemkab Konar mengatakan, perpanjangan tersebut sebagai antisipasi terjadinya perubahan musim beberapa waktu kedepan yang berpotensi terjadinya bencana tersebut.

"Berdasarkan prakiraan dari BMKG, musim kemarau bakal terjadi sekitar bulan Juli 2021. Puncak kemarau bak terjadi sekitar bulan Agustus hingga September," jelas Sekda.

Menurut Sekda antisipasi ini dilakukan untuk mencegah semakin bertambahnya permasalahahan terutama dalam segi kesehatan masyarakat luas.

"Karena saat ini pandemi covid-19 masih belum berlalu. Bila bencana karhutla tidak tertangani dan menyebabkan bencana kabut asap, bisa dipastikan bakal berdampak luas pada kesehatan masyarakat khsuusnya penyakit saluran pernapasan," jelas Sekda.

Sekda menjelaskan, terdapat beberapa kecamatan yang menjadi perhatian utama, karena dianggap menjadi wilayah yang tergolong rawan potensi karhutla.

"Tiga wilayah tersebut yaitu Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam), Kecamatan Arut Selatan (Arsel) dan Kecamatan Kumai. Titik-titik rawan karhutla diwilayah yang dianggap rawan tersebut juga sudah dipetakan, agar menjadi fokus utama patroli pencegahan bencana karhutla," jelas Sekda. (WAHYU KRIDA/B-7)

Berita Terbaru