Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DKPPP Barito Selatan Cek Lokasi Rencana Pengembangan Food Estate di Desa Rantau Bahuang

  • Oleh Uriutu
  • 26 Juni 2021 - 11:40 WIB

BORNEONEWS, Buntok - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Barito Selatan, mengecek rencana lokasi pengembangan food estate di Desa Rantau Bahuang, Kecamatan Jenamas.

"Pengecekan ini sesuai intruksi Bupati Barsel serta menindaklanjuti surat Sekda Kalteng tertanggal 18 Mei 2021 terkait tindak lanjut pengembangan food estate berbasis korporasi petani," kata Plt Kepala DKPPP Barsel, Ida Safitri, Sabtu, 26 Juni 2021.

Ia mengatakan, berdasarkan hasil pengecekan dilapangan, masih tersedia lahan seluas 50 hektar yang berada di Desa Rantau Bahuang.

Luas lahan 50 hektar ini, lanjut dia, akan ditanam padi, jagung dan tanaman hortikultura serta dibuat kolam ikan dengan ukuran 50 x 50 meter.
Serta juga akan dikembangkan peternakan ayam petelur sebanyak 1.500 ekor yang akan diusulkan ke Kementerian Pertanian RI.

"Tak hanya itu di Desa Rantau Bahuang ini juga ada lahan seluas 1 hakter yang dikelola tujuh kelompok tani," beber dia.

Ia pun mengharapkan, lokasi ini nantinya dapat menjadi percontohan pengembangan kawasan food estate berbasis korporasi petani yang paling layak dari aspek teknis, sosial, ekonomi maupun lingkungan yang disesuaikan dengan potensi.

"Kita beraharap ini bisa menjadi percontohan bagi petani lainnya untuk terus mengembangkan agribisnis, sekaligus sebagai lokasi agrowisata," ucap dia.

Pihaknya, sambung dia, terus mendukung dan mendorong petani untuk mengembangkan potensi pertanian yang ada di daerah ini.

Hal ini agar masyarakat khususnya di Barsel tidak hanya menjadi penonton, namun juga siap mengambil bagian guna meningkatkan kesejahteraan pada program food estate. (URIUTU DJAPER/B-7)

Berita Terbaru