Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Inovasi Batako Plastik dan Layanan Sida'kam Mendapat Apresiasi Kemenpan RB

  • Oleh Danang Ristiantoro
  • 30 Juli 2021 - 13:25 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Pemerintah Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) terus berinovasi untuk meningkatkan pembangunan dan juga pelayanan kepada masyarakat.

Seperti dua inovasi Pemkab Kobar yang mendapat Kementerian Pandayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB), yaitu inovasi Batik (batako plastik) yang dinisiasi oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kobar dan layanan Silahkan Datang, Kami Melayani (Sida’kam).

Apresiasi tersebut disampaikan tim panel independen Kompetisi Inovasi Pelayanana Publik (KIPP) yang dipimpin oleh JB. Kristiadi ketika dilaksanakan presentasi dan wawancara inovasi oleh Bupati Kobar Nurhidayah, melalui video conference belum lama ini.

Presentasi dan Wawancara ini merupakan bagian dari tahapan penilaian KIPP yang digelar oleh Kemanpan-RB. Kompetisi ini diikuti oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah, serta Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

Sekretaris Kementerian PANRB Dwi Wahyu Atmaji menjelaskan kompetisi yang telah digelar sejak 2014, merupakan upaya pemerintah untuk membudayakan inovasi bagi penyelenggara pelayanan.

"KIPP merupakan langkah strategis untuk menjaring inovasi pelayanan yang dilahirkan oleh kementerian, lembaga dan pemerintah daerah," ungkap Atmaji pada acara Launching KIPP 2021.

Tahun ini, tema yang diangkat dalam KIPP adalah 'Percepatan Inovasi Pelayanan Publik untuk Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Melalui Transfer Pengetahuan di Tatanan Normal Baru'. Adapun penekanan kali ini, ada pada penerapan inovasi pada tatanan normal baru, yang sesuai dengan kondisi pandemi Covid-19 di Tanah Air.

Nurhidayah menyampaikan, untuk kesekian kalinya inovasi yang telah dikembangkan oleh jajarannya mendapat apresiasi dari pemerintah pusat. Namun bagi Nurhidayah, yang lebih penting bukanlah penghargaan yang diterima, tapi bagaimana inovasi yang dikembangkan semakin meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.

"Pelayanan publik adalah tujuan dari dilaksanakannya berbagai inovasi ini, sehingga semua menjadi keberangkatan untuk masyarakat. Meski ditengah pandemi Covid-19, jangan patah semangat untuk terus berbuah demi kebaikan masyarakat," pungkasnya.  (DANANG/B-5)

Berita Terbaru