Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kota Sampit Alami Deflasi, 2 Komoditas Ini Penyumbang Tertingginya

  • Oleh Usay Nor Rahmad
  • 03 September 2021 - 12:26 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kota Sampit, Kotawaringin Timur mengalami deflasi atau penurunan harga, Agustus lalu. Deflasi terjadi karena adanya penurunan harga signifikan terutama daging ayam ras dan cabai rawit. 

"Ayam ras dan cabai rawit memiliki andil tertinggi dalam deflasi bulan Agustus di Kota Sampit. Sebab, pada Agustus 2021, kedua komoditas ini mengalami penurunan harga yang cukup signifikan," jelas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kotawaringin Timur, Eddy Surahman, Jumat, 3 Agustus 2021. 

Tak ada masalah besar di balik adanya deflasi ini. Menurutnya, deflasi pada Agustus terjadi karena adanya penurunan harga pada komoditas yang dikonsumsi masyarakat. 

"Kebetulan harga-harga untuk komoditas yang banyak dikonsumsi masyarakat. Serta punya andil besar biasanya saat inflasi. Nah makanya saat terjadi penurunan harga pada komoditas ini mengerek deflasi. Bulan lalu harga daging ayam ras turun," katanya. 

Kota Sampit mengalami deflasi sebesar 0,18 persen. Ini terjadi karena adanya penurunan harga yang ditunjukkan oleh penurunan indeks harga pada empat kelompok pengeluaran, berturut turut adalah kelompok makanan, minuman dan tembakau 0,66 persen. 

"Sementara untuk kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,13 persen," katanya. 

Selanjutnya pada kelompok transportasi sebesar 0,10 persen, kelompok pakaian dan alas kaki 0,09 persen. (USAY NOR RAHMAD/B-6) 

Berita Terbaru