Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Tanaman Jagung di Rutan Palangka Raya Dipanen

  • Oleh Budi Yulianto
  • 05 September 2021 - 07:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Budidaya tanaman jagung di kebun Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Palangka Raya menuai hasil. Jagung yang ditanam beberapa bulan lalu akhirnya dipanen pada Sabtu, 9 September 2021.  

Keberhasilan itu tidak lepas dari bimbingan kemandirian di Sub Seksi Kegiatan Kerja Rutan setempat. Kepala Rutan, Suwarto mengatakan, proses perawatan sempat mengalami kendala karena beberapa warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang menjalani pelatihan di bidang pertanian terpapar Covid-19.

Meski ada kendala, tidak menyurutkan semangat warga binaan lainnya dalam mengikuti bimbingan secara bergantian dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Hasil panen juga tidak mengurangi kualitasnya. 

“Kegiatan pelatihan kegiatan kerja di Rutan tidak hanya berfokus pada jagung saja. Tapi juga ada sayuran seperti sawi dan kangkung," katanya. 

"Kedepan juga akan lebih banyak lagi ditanam sayur dan buah-buahan agar lahan di Rutan bisa dimanfaatkan dengan baik," tambahnya. 

Suwarto berharap, pembinaan kemandirian dapat menambah wawasan bagi warga binaan. Ia juga berharap ketika mereka kembali di lingkungan masyarakat (sudah bebas), pengetahuan yang diperoleh bisa diterapkan secara mandiri. (BUDI YULIANTO)

Berita Terbaru