Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Stasiun Karantina dan Unkrip Kerja Sama Bidang Perikanan

  • Oleh Rokim
  • 15 September 2021 - 21:26 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Palangka Raya telah menjalin kerja sama dan kemitraan melalui berbagai produk kerja sama. 

Produk-produk kerja sama yang telah disepakati menandai komitmen dan kemampuan BKIPM bersinergi dengan berbagai mitra untuk memfasilitasi kelancaran arus ekspor dan impor hasil perikanan, jaminan Kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan serta harmonisasi sistim jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan (SJMKHP). 

Dalam upaya mendukung peningkatan pengelolaan perikanan di Provinsi Kalimantan Tengah, SKIPM Palangka Raya proaktif koordinasi dengan pemerintah daerah maupun kalangan akademisi.

Salah satunya dengan Fakultas Perikanan Universitas Kristen Palangka Raya (UNKRIP). Dekan Fakultas Perikanan UNKRIP, Infa Minggawati menyebut sejauh ini kerja sama yang sedang dibangun bersama SKIPM Palangka Raya, terutama mengangkat topik yang menjadi prioritas atau isu pembangunan sektor perikanan Kalimantan Tengah.

Di antaranya usaha budidaya ikan potensial baik keramba maupun keramba jaring apung (KJA) untuk jenis ikan Patin, Nila, Bawal, dan Mas. 

Koordinasi dan kolaborasi yang telah berjalan dengan baik diresmikan, Selasa 14 September 2021 dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Fakultas Perikanan UNKRIP dengan Stasiun KIPM Palangka Raya yang dirangkai dengan Webinar Nasional dengan tema Pengelolaan Sumber Daya Perairan Darat Berkelanjutan di Kalimantan Tengah dan Sinergisme Lintas Sektor Dalam Upaya Implementasi Kesehatan Ikan di Indonesia. 

Hadir dalam agenda ini Ketua DPD RI Perwakilan Kalimantan Tengah,  Agustin Teras Narang dan Kepala BKIPM, Rina yang sangat mendukung adanya kerja sama ini dan berkomitmen sesuai peran dalam upaya penguatan sektor perikanan Kalimantan Tengah. 

Senada dengan hal itu, Kepala Pusat Karantina Ikan BKIPM, Reza Priyatna yang menjadi salah satu narasumber webinar nasional mengemukakan bahwa BKIPM memiliki sistem dalam menjalankan tugas dan fungsi menjaga kesehatan ikan, mutu dan keamanan hasil perikanan dalam rangka menjaga kelestarian sumber daya ikan serta mendukung sistem budidaya yang berkelanjutan. 

Ruang lingkup kerja sama antara Stasiun KIPM Palangkaraya dan UNKRIP meliputi pertukaran narasumber dalam bidang kesehatan ikan, pemanfaatan sarana dan prasarana, dan forum ilmiah bersama. 

"Setelah agenda seremonial ini akan segera ditindaklanjuti dengan penyusunan rencana aksi bersama sehingga implementasi kerja sama dapat optimal," tegas Kepala Stasiun KIPM Palangka Raya, Iromo. (ROKIM/B-6)

Berita Terbaru