Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinilai Rawan Laka Lantas, Kasat Ingatkan Hati-hati Melintas di Ruas Jalan Trans Kalimantan Kasongan

  • Oleh Abdul Gofur
  • 28 September 2021 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Kasongan - Kasatlantas Polres Katingan, Iptu Lenina Olin menilai bahwa ruas Jalan Trans Kalimantan arah Kasongan - Sampit dan Kasongan - Palangka Raya rawan terjadi kecelakaan lalu lintas terlebih pascabencana banjir.

Pasalnya, sebagian ruas jalan mengalami kerusakan meski sejauh ini pihak terkait tengah melakukan penambalan pada ruas jalan yang rusak atau berlubang.

"Kami mengimbau kepada pengguna jalan khususnya yang melewati Jalan Trans Kalimantan wilayah Katingan agar terus berhati-hati karena memang kita tidak memungkiri, setelah adanya bencana banjir kemarin beberapa titik jalan khususnya di Jalur Kereng Pangi - Kasongan ada yang rusak," kata Kasatlantas Polres Katingan Iptu Lenina Olin di sela Operasi Patuh Telabang depan pintu gerbang Kantor Bupati Katingan, Senin, 27 September 2021.

Pihaknya, kata Olin bersama dinas terkait terus melakukan penyusuran jalan dan melakukan perbaikan di titik ruas jalan yang rusak. Hal ini demi kenyamanan dan kesalamatan pengendara.

"Jadi kami imbau kepada masyarakat untuk saling berhati-hati, jaga keselamatan dan tolong lengkapi surat-surat berkendara dan menggunakan helm," katanya.

Menurut Olin, penggunaan helm sangat membantu jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya kecelakaan lalu lintas. "Adanya helm sangat membantu mengurangi parahnya akibat kecelakaan," ungkapnya. 

Olin menuturkan adanya ruas jalan yang rusak itu menyebabkan satu orang PNS meninggal dunia karena mengalami kecelakaan tunggal di ruas Kasongan - Kereng Pangi.

"Dengan adanya kejadian itu kami berkoordinasi dengan instansi terkait untuk lebih mempercepat adanya perbaikan jalan. Saat itu juga kami menyusuri jalan-jalan rusak yang menjadi titik rawan kecelakaan," ujarnya.

Olin kembali menegaskan bahwa baik Jalur Kasongan - Palangka Raya maupun Kasongan - Kereng Pangi ke arah Sampit sejauh ini dinilai rawan terjadinya laka lantas.

"Memang kita ini tidak ada jalan alternatif, sebab jalan lintas kita ada satu, semuanya itu bisa menjadi rawan kecelakaan. Jadi, diimbau kepada masyarakat agar lebih berhati-hati, jangan kebut-kebutan, perhatikan medan jalan sebab ada beberapa tidak rata, ada tikungan dan berlubang," demikian Iptu Lenina Olin menyampaikan. (ABDUL GOFUR/B-7)

Berita Terbaru