Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kampung Reforma Agraria Upaya Tingkatkan Taraf Ekonomi Masyarakat

  • Oleh Muhammad Hamim
  • 06 Oktober 2021 - 09:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Kampung Reforma Agraria di Desa Hanaut, Kecamatan Pulau Hanaut, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), dinilai berdampak positif bagi masyarakat. Salah satunya untuk meningkatkan taraf ekonomi warga setempat. 

Hal itu karena program Kampung Reforma Agraria bertujuan untuk menata kembali penguasaan, pemilikan, penggunaan dan pemanfaatan permukaan bumi yang berkeadilan. 

"Dalam artian bahwa warga tidak hanya diberikan sertifikat, namun juga diberikan pelatihan dan pengembangan hasil pertanian, serta pemasaran. Sehingga, potensi apa saja yang ada di desa tersebut bisa lebih terangkat dan bernilai ekonomis," ujar Wakil Menteri (Wamen) Agraria dan Tata Ruang Kepala Badan Pertanahan Nasional Surya Tjandra, saat datang ke Kotim, Selasa, 5 Oktober 2021. 

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Elijas Bambang Tjahajadi mengatakan, Kampung Reforma Agraria merupakan kegiatan Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) di Kotim yang sudah berjalan lebih dari 6 bulan terakhir. 

Sejumlah kegiatan telah dilaksanakan, di antaranya pelatihan pengeringan rotan, dari rotan basah menjadi rotan setengah jadi. Selain itu juga ada pelatihan packaging kopi, dan juga pelatihan pertanian padi terhadap para petani. 

Hal tersebut dilakukan karena di Desa Hanaut sendiri memiliki potensi besar untuk pengembangan 3 pertanian. Bahkan, saat ini sudah berjalan. Hanya saja pengembangannya yang belum optimal. 

"Itulah yang menjadi alasan kami menjadi daerah ini Kampung Reforma Agraria pertama di Kalteng dan akan terus berupaya untuk memperbanyak kampung agraria lainnya," terang Elijas, ketika mendampingi Wamen ATR/BPN. (MUHAMMAD HAMIM/B-7)

Berita Terbaru