Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPK Barito Timur Perkuat Peran Perpustakaan Desa

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 07 Oktober 2021 - 14:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan atau DPK Kabupaten Barito Timur terus memperkuat peran perpustakaan di desa demi meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi.

Upaya itu ditandai dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antara Kepala DPK Barito Timur Ferindiano Leloni dengan Kepala Desa Pulau Padang Karlianto, Kamis 7 Oktober 2021.

Ferindiano mengatakan nota kesepahaman ini berisi kemitraan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial.

"Peran kami memperkuat  Perpustakaan Maharati di Desa Pulau Padang dengan meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan kemampuan literasi, yang diharapkan dapat meningkatkan kreativitas masyarakat dan mengurangi kemiskinan akses informasi," terangnya.

Dia menambahkan DPK akan meningkatkan kapasitas bagi pengelola perpustakaan desa melalui pelatihan, pendampingan dan monitoring perpustakaan desa dan monitoring kegiatan perpustakaan desa dalam layanan buku, komputer dan internet.

Meski demikian pemerintah desa juga memiliki kewajiban dan tanggung jawab yang diatur dalam nota kesepahaman tersebut.

“Pihak kedua dalam hal ini Pemdes Pulau Padang harus berkontribusi terhadap pengurangan kemiskinan informasi dengan memberikan akses internet gratis kepada masyarakat,” jelasnya.

Pemdes Pulau Padang juga harus meningkatkan penggunaan layanan perpustakaan oleh masyarakat, mendukung pengembangan perpustakaan desa, melakukan pendokumentasian secara online semua kegiatan, dan mempublikasikan semua kegiatan di desa. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru