Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Dorong Pemprov Siapkan SDM Berkualitas

  • Oleh Donny Damara
  • 12 Oktober 2021 - 16:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi II DPRD Kalteng, Lohing Simon mendorong Pemprov Kalteng agar dapat menyiapkan SDM lokal berkualitas untuk menunjang program food estate.

Lohing mengatakan, hal tersebut bisa dilakukan dengan meningkatkan pendidikan anak-anak muda lokal yang lulusan SMA atau SMK yang ada di provinsi ini.

"Perlu adanya upaya dari pemprov untuk mempersiapkan SDM lokal berkompeten sebagai penunjang beradaan food estate ini, agar nantinya mereka bisa berkontribusi dalam pengembangan program itu," ujarnya, Selasa, 12 Oktober 2021.

Dalam upaya tersebut, pemprov bisa melakukan kerja sama dengan perguruan tinggi yang ada di Kalteng sesuai pada bidangnya. Kemudian, pendidikannya juga tidak harus tinggi hingga jenjang S1, cukup hanya diploma atau D3 saja asalkan siap untuk terjun ke lapangan.

Hal itu perlu dilakukan agar ketika nantinya mereka yang menempuh pendidikan itu lulus, dapat langsung dipekerjakan pada program food estate yang ada. Entah nantinya menjadi petugas penyuluh lapangan atau yang lainnya.

"Ini yang kita harapkan. Apalagi tenaga kerja berkompeten sesuai dengan keahliannya di food estate masih banyak diperlukan. Jadi hal itu perlu menjadi perhatian pemprov maupun pemangku kepentingan lainnya," tutur Lohing. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru