Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. OKU Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bhabinkamtibmas Ajak Warga Desa Sarapat Gemar Membaca Melalui Program Bajaka Presisi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 19 Oktober 2021 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Bhabinkamtibmas Desa Sarapat Kabupaten Barito Timur, Bripka Body Satria mengajak warga desa setempat untuk gemar membaca melalui program Bhabinkamtibmas Penjaga Aksara atau Bajaka Presisi. Program tersebut merupakan terobosan dari Kapolda Kalteng untuk membangun minat baca masyarakat.

Bajaka Presisi merupakan unit sepeda motor roda dua multi fungsi. Selain digunakan sebagai sarana patroli dan sambang warga oleh Bhabinkamtibmas, motor tersebut juga dilengkapi dengan perpustakaan keliling yang berisi berbagai bahan bacaan atau buku.

"Buku yang biasa disediakan di dalam unit Bajaka Presisi adalah buku pelajaran untuk siswa SD, SMP dan SMA sederajat, pengetahuan tentang covid-19 untuk anak, pengetahuan umum, agama, lingkungan, sejarah, perundangan-undangan, kesehatan, legenda nusantara maupun cerita anak," ungkap Kapolsek Dusun Timur, Iptu Fery Endro P, Selasa, 19 Oktober 2021.

Dia menjelaskan, selain menyediakan bahan bacaan, saat melaksanakan kegiatan Bajaka Presisi, Bhabinkamtibmas juga selalu menyosialisasikan protokol kesehatan dengan mewajibkan pengunjung Bajaka Presisi agar menggunakan masker, mencuci tangan serta menggunakan hand sanitizer sebelum dan sesudah membaca buku.

"Bhabinkamtibmas juga membantu memberikan informasi-informasi menarik tentang buku yang tersedia di Bajaka Presisi agar warga tertarik untuk membaca," lanjut Fery.

Sementara itu, Bripka Body Satria mengaku warga sangat antusias saat dirinya membawa perpustakaan keliling Bajaka Presisi.

"Anak-anak maupun ibu-ibu sangat senang ketika dibawakan bahan bacaan. Mereka biasa memiliki sesuai dengan jenis bacaan yang mereka sukai," ujarnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru