Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Diskominfo Kalteng: Tim Tanggap Insiden Siber Jadi Kebutuhan Mendesak

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 22 Oktober 2021 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Plt Kepala Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kalteng, Agus Siswadi menilai pembentukan Tim Tanggap Insiden Siber Kalteng merupakan kebutuhan mendesak.

 “Tim tanggap insiden siber Provinsi Kalimantan Tengah, sementara ini masih mencakup pemprov, karena merupakan kebutuhan yang sangat mendesak,” tutur Agus saat paparan dalam kegiatan Lounching Tim Tanggap Insiden Siber Kalteng di Aula Kahayan, Jumat, 22 Oktober 2021.

Ia menjelaskan, kedepan, setelah berjalan untuk Pemprov Kalteng, akan dikembangkan menjadi tim yang terdiri atas lintas sektoral dengan instansi vertikal yang ada di Provinsi Kalteng.

“Pada saatnya akan dibentuk tim tanggap insiden siber di kabupaten-kota,” tambahnya.

Agus menjelaskan, berdasarkan data priode Januari sampai dengan 26 Agustus 2021, serangan siber mencapai 10.224.154 kali.

Jumlah tersebut baru data center Pemprov Kalteng yang dikelola oleh dinas kominfo persandian dan statistik. “Keadaan tersebut tentu sangat rawan, karena hampir 80 persen sistem elektronik dan aplikasi perangkat daerah sudah terintegrasi di data center yang berada di dinas kominfo, persandian dan statistik,” tuturnya. (HERMAWAN DP/B-7)

Berita Terbaru