Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Budidaya Ikan Metode Bioflok Punya Banyak Keunggulan

  • Oleh Hendri
  • 16 Desember 2021 - 11:46 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perikanan Kota Palangka Raya, Indriarti Ritadewi menilai budidaya ikan dengan metode bioflok lebih produktif dan efisien dibandingkan cara budidaya metode lainnya.

"Budidaya ikan dengan metode bioflok saat ini tengah popular di masyarakat. Dengan memanfaatkan bakteri, metode ini menawarkan banyak keunggulan," katanya, Kamis 16 Desember 2021.

Ia mengatakan teknologi bioflok bekerja dengan melibatkan bakteri probiotik sebagai pengurai limbah dapat meningkatkan kualitas air dalam kolam terpal.

Biasanya kolam berbentuk lingkaran dengan menyeimbangkan kandungan karbon dan nitrogen dalam sistem akuakultur. Kotoran ikan yang dihasilkan selanjutnya dikonversi oleh bakteri sebagai sumber protein bagi ikan, sehingga menekan limbah.

Biasanya pada budidaya ikan semacam lele, nila, atau gurami, kotoran yang tidak ditangani akan berubah menjadi racun berupa amonia (NH3) yang membentuk total amonia nitrogen (Tan) yang bersifat toksik.

"Budidaya sistem bioflok merupakan teknologi yang memicu peningkatan produktivitas perikanan budidaya secara otomatis juga menghadirkan peluang untuk keterlibatan masyarakat lebih jauh," jelasnya.

Saat ini pihaknya menerima 3 buah Bioflok, untuk ikan lele sebanyak 2 buah dan 1 buah untuk ikan nila. Terakhir adalah bioflok yang keempat yaitu ikan nila. (HENDRI/B-6)

Berita Terbaru