Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

34 Kelompok Ternak di Barito Timur Terima Bantuan Ayam Kampung

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Desember 2021 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 34 kelompok ternak atau 340 kepala keluarga (KK) yang tersebar di 10 kecamatan, menerima bantuan ayam buras atau ayam kampung dari Pemkab Barito Timur melalui dinas perikanan dan peternakan.

"Setiap KK mendapatkan bantuan ayam 20 ekor beserta pakan. Jadi total bantuan ayam buras yang disalurkan sebanyak 6.800 ekor," ungkap Kabid Peternakan Dinas Perikanan dan Peternakan Barito Timur, Junia Hariyati di Tamiang Layang, Jumat, 17 Desember 2021.

Dia juga meluruskan pernyataan Kades Malintut pada pemberitaan sebelumnya yang menyebutkan bantuan yang diterima kelompok tani di desa adalah ayam kampung unggul.

"Salah, itu ayam buras (bukan ras), jadi bukan ayam kampung unggul. Biar nanti tidak ada salah pengertian di masyarakat," tegasnya.

Bantuan tersebut, lanjut Junia merupakan bagian dari program ekonomi kerakyatan Pemkab Barito Timur terutama untuk meningkatkan kembali ekonomi masyarakat di tengah pandemi covid-19.

Penerima bantuan sebelumnya telah diverifikasi terlebih dahulu sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan pemerintah seperti memiliki tempat untuk beternak, bersedia membuat kandang sendiri, bukan PNS aktif serta bukan penerima bantuan sejenis tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan, Mishael berpesan agar kelompok tani atau KK penerima bantuan memanfaatkan bantuan tersebut dengan baik serta mengembangkan untuk peningkatan ekonomi maupun memenuhi kebutuhan protein hewani dalam keluarga.

"Penerima bantuan ini kan tidak bisa berulang setiap tahun, yang sudah terima bantuan tahun lalu tidak boleh terima bantuan lagi, selain itu yang tidak punya kemampuan untuk memelihara juga tidak diberi bantuan ternak, jadi KK yang mendapatkan kesempatan menerima bantuan ini harus mengelola dan mengembangkan bantuan ayam ini dengan baik sehingga memberikan manfaat yang maksimal," pesannya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru