Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Awal Tahun Harga Telur Ayam di Katingan Melonjak

  • Oleh Abdul Gofur
  • 10 Januari 2022 - 17:30 WIB

BORNEONEWS,  Kasongan - Harga telur ayam di Kabupaten Katingan melonjak memasuki awal tahun 2022.

Awalnya per tabak isi 30 butir dijual pedagang Rp 35 ribu untuk ukuran sedang, dan Rp 40 ribu per tabak untuk telur ukuran besar. 

Selain di Pasar Kasongan,  harga telur ayam juga mengalami kenaikan di Pasar Kereng Pangi Kecamatan Katingan Hilir. 

Salah seorang penjual telur ayam di Pasar Kereng Pangi, Irus, Senin. 10 Januari 2022 mengatakan kenaikan telur ayam ini sudah berlangsung pada bulan Desember 2021 lalu.

Menurutnya,  hingga saat ini harga telur ayam masih dijual mahal per tabaknya ukuran besar dijual Rp 50 ribu per tabak,  sementara ukuran sedang dijual Rp 45 ribu hingga Rp 48 ribu per tabaknya. 

Irus mengaku kenaikan harga telur ayam ini karena harga dari pihak distributor sebelumnya sudah mahal sehingga dirinya harus menyesuaikan harga jual agar tidak merugi. 

Sementara penjual telur di Kasongan,  Jali juga mengaku sudah sekitar sebulan terakhir dirinya terpaksa menaikkan harga jual telur ayam kepada warga atau pembeli karena harga dari pemasok juga tinggi. 

"Sekarang untuk eceran telur yang besar kita jual Rp 2.500 per butir,  sementara yang ukuran kecil Rp 2 ribu per butirnya, " katanya. 

Padahal,  kata Jali sebelum ada kenaikan dirinya menjual telur ayam ini Rp 2 ribu per butir untuk ukuran besar. 

Dan Rp 1. 500 per butir untuk ukuran sedang atau kecil. "Harga telur ayam hari ini masih sama dengan harga kemarin,  belum ada penurunan, " imbuhnya. 

Berita Terbaru