Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Kalimantan Selatan Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Gumas Minta Dinas Terkait Lakukan Ini Terkait Lumpung Pangan Masyarakat

  • Oleh Magang 2
  • 15 Januari 2022 - 20:30 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Kabupaten Gunung Mas (Gumas) Jaya S Monong meminta dinas terkait dan camat untuk melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) yang telah dibangun di wilayah setempat.

"Kepada Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Gumas agar benar-benar melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pengembangan Lumbung Pangan Masyarakat di Kabupaten Gunung Mas," ujarnya, Sabtu, 12 Januari 2022.

"Kepada Camat yang wilayah kecamatannya menjadi lokasi pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat agar juga melakukan pengawasan dan pembinaan, karena Lumbung Pangan Masyarakat ini tidak hanya untuk wilayah desa setempat tapi juga desa sekitar di kecamatan tersebut," sambungnya.

Jaya S Monong menjelaskan bahwa di tahun 2022 ini LPM yang telah dibangun akan dibantu untuk pengisian cadangan pangan melalui Dana Alokasi Khusus Kementrian Pertanian Bidang Ketahanan Pangan.

"Saya berpesan bantuan yang telah dan akan disalurkan agar dikelola dengan managemen yang baik, perlu adanya koordinasi dan sinergi Pemerintah, Pemerintah Daerah, Camat, Kepala Desa, Lurah, masyarakat dan lintas sektor dalam pelaksanaannya," ujarnya.


Orang nomor 1 di Bumi Habangkalan Penyang Karuhei Tatau ini berharap, dengan dibangunnya LPM di beberapa wilyah di Gunung Mas bisa memberikan manfaat pada masyarakat setempat.

"Dengan adanya Pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat di daerah rentan rawan pangan, cadangan pangan masyarakat selalu tersedia dan saya berharap LPM dapat berkembang menjadi usaha ekonomi produktif yang berkelanjutan dengan pengelolaan dan penguatan kelembagaan yang baik," tukas Jaya.

Perlu diketahui, Jumat 15 Januari 2022, Bupati Gunung Mas Jaya S Monong telah meresmikan secara simbolis Lumbung Pangan Masyarakat (LPM), di Desa Tumbang Kuayan, Kecamatan Rungan Barat, Jumat 14 Januari 2022.

"Kabupaten Gunung Mas tahun 2021 mendapat Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Ketahanan Pangan untuk pembangunan Lumbung Pangan Masyarakat di daerah rentan rawan pangan sebanyak 5 buah," ujar Jaya.

"Lokasi pembangunan ada di Desa Tumbang Kuayan Kecamatan Rungan Barat, di Desa Karason Raya Kecamatan Tewah, di Desa Tumbang Korik Kecamatan Kahayan Hulu Utara, di Desa Karetau Sarian Kecamatan Damang Batu dan di Desa Tumbang Samui Kecamatan Manuhing," sambungnya. (MAGANG 2/B-7)

Berita Terbaru