Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Benih Unggul Kalteng Dilirik Provinsi Tetangga

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 05 Februari 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng), Sugianto Sabran berusaha mengoptimalkan potensi wilayah dengan serius terutama di sektor pangan.

Selain mengoptimalkan produksi beras, produk benih padi inbrida varietas unggulan bersertifikat juga dikembangkan, bahkan siap untuk dikirim ke luar daerah.

"Mekanisme pengawasan dan pembinaan yang efektif di lapangan, untuk dapat menjamin benih yang bermutu melalui sertifikasi benih," sebut Sugianto baru baru ini.

Kepala Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng Riza Rahmadi mengatakan sejumlah pihak dari luar daerah salah satunya Kalimantan Utara sudah menjalin komunikasi untuk mendapat suplai benih padi dari Kalteng.

Berbagai varietas unggulan hasil kerjasama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng bersama dengan instansi terkait dan petani berhasil mengembangkan benih padi inbrida varietas inpara 3, inpari 33, inpari 32, inpari 36, inpari 37, inpari 42, serta beberapa lainnya.

Benih varietas unggul bersertifikat tersebut adalah benih yang dalam produksinya dilakukan pengawasan lapangan dan pengujian laboratorium, sehingga memenuhi standar mutu benih yang berlaku. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru