Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Komentari Ketidakikutsertaan Siswa SMAN 1 Dalam SMNPTN

  • Oleh Donny Damara
  • 24 Februari 2022 - 23:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketidakikutsertaan siswa SMAN 1 Palangka Raya dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tahun 2021-2022 menuai komentar dari berbagai pihak termasuk DPRD Kalteng. Sebab, hal ini baru pertama kali terjadi.

Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing mengatakan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kalteng harus dapat selalu mengawasi dan mengingatkan kepada pihak sekolah agar lebih cepat tanggap, untuk mengatasi dan mencegah kejadian serupa terdari kembali.

"Berdasarkan informasi yang didapatkan, hal terjadi terjadi karena proses penguploadan data. Dalam hal ini lebih kepada sistem yang digunakan. Namun, yang pasti bila terjadinya di sistem, maka kedepan pihak terkait harus lebih memahami prosedurnya. Lebih cepat lagi dalam melakukan upload dan dinas terkait bisa lebih mengingatkan kepada pihak sekolah agar lebih tanggap," ujarnya, Kamis, 24 Februari 2022.

Selain itu, ia meminta kepada Disdik Kalteng supaya dapat berkoordinasi dengan pemerintah pusat yakni Kemendikbudristek untuk dapat membijaki dan memberikan solusi terhadap persoalan tersebut. Sehingga, lulusan SMA, khususnya SMAN 1 Palangka Raya masih memiliki peluang untuk melanjutkan pendidikan.

Di sisi lain, dia menyebutkan kejadian seperti dapat menjadi bahan pembelajaran dan pengalaman, agar kedepannya baik dinas maupun sekolah bisa lebih maksimal lagi dalam mengemban tugas yang telah dipercayakan. Sehingga, tidak ada lagi pelajar yang dirugikan.

"Kejadian ini bukan karena ketidakmampuan secara akademik siswa, tapi lebih kepada kecepatan dalam operasional sistem. Kalau cuma karena kesalahan sistem artinya dinas terkait masih bisa mengupayakan adanya kebijakan. Tentunya ini harus jadi pembelajaran, supaya tidak terulang, karena yang dirugikan tentu saja para pelajar itu sendiri," tukasnya. (DONNY D/B-5)

Berita Terbaru