Aplikasi Pemenangan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Duwel Rawing: Huma Betang di Kalteng Harusnya Dikelola Pemprov

  • Oleh Donny Damara
  • 25 Februari 2022 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi III DPRD Kalteng, Duwel Rawing menyebutkan keberadaan Huma Betang di provinsi ini seharusnya dikelola pemprov.

Pasalnya, selama ini untuk pengelolaan huma betang hanya dilakukan oleh masing-masing kabupaten. Sehingga, dalam melakukan perawatan atau pemeliharaannya belum maksimal.

"Perawatan atau pemeliharaan sejumlah Huma Betang ini rata-rata memerlukan biaya yang cukup besar agar bisa terjaga dengan baik. Dan Huma Betang juga merupakan ikon Kalteng, jadi wajar jika cagar budaya itu dikelola oleh pemprov," ujar Duwel, Jumat, 25 Februari 2022.

Dia berharap hal itu dapat menjadi pertimbangan oleh Pemprov Kalteng. Sebab, apabila hanya mengharapkan dana pemeliharaan dari kabupaten, tentu terbatas.

Dia mengatakan, keberadaan huma betang yang sudah menjadi ikon Kalteng harus tetap dilestarikan dan dijaga. Sebab, cagar budaya ini juga bisa menjadi wadah atau tempat wisata budaya bagi masyarakat. Sehingga itu juga pasti akan berdampak pada pendapatan daerah.

"Kami sarankan Huma Betang sebagai cagar budaya Kalteng harusnya menjadi tanggung jawab pemprov, dan tidak lagi menjadi tanggung jawab kabupaten. Supaya pemeliharaannya bisa lebih maksimal," imbuhnya. (DONNY D/B-11)

Berita Terbaru