Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kab. Pekalongan Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Cara UPT RSUD Kuala Kurun Tingkatkan Kompetensi Perawat dan Bidan

  • Oleh Riska Yulyana
  • 25 Februari 2022 - 20:51 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuala Kurun Kabupaten Gunung Mas terus berupaya meningkatkan kompetensi perawat dan bidan di rumah sakit tersebut.

"Salah satu upaya yang kami lakukan yakni dengan melaksanakan Assesmen Kompetensi serta Kredensial Keperawatan dan Kebidanan," jelas Direktur UPT RSUD Kuala Kurun dr Rusni D Mahar melalui Ketua Komite Keperawatan Ns. Rusdiana, Jumat 25 Februari 2022.

Kegiatan ini dilaksanakan sejak 21 Februari hingga 23 Februari 2022 di UPT RSUD Kuala Kurun. Ada 41 pegawai yang mengikuti kegiatan Assesmen Kompetensi serta Kredensial Keperawatan dan Kebidanan, rinciannya 34 perawat dan 7 bidan.

Dijelaskan olehnya, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan profesionalisme tenaga keperawatan dan mengatur tata kelola klinis yang baik serta meningkatkan mutu pelayanan keperawatan dan kebidanan yang berorientasi pada keselamatan pasien, supaya pasien lebih terjamin dan terlindungi.

Ia menjelaskan, proses kredensial ini merupakan proses verifikasi kompetensi tenaga keperawatan, untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis.

Sedangkan rekredensial adalah proses evaluasi kembali terhadap tenaga keperawatan yang telah memiliki kewenangan klinis, untuk menentukan kelayakan pemberian kewenangan klinis di lapangan, sekaligus bertujuan untuk meningkatkan kualitas ketenagaan serta mengikuti standar akreditasi RS.

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa meningkatkan kemampuan 41 peserta sehingga pelayanan di RS semakin bermutu dan keselamatan pasien lebih terjamin.

"Semoga kegiatan ini menjadi acuan untuk memberikan pelayanan kepada pasien, yang merupakan visi misi dari UPT RSUD Kuala Kurun serta visi misi Pemerintah Kabupaten Gunung Mas dalam meningkatkan sumber daya manusia," tukasnya. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru