Aplikasi Pilwali (Pemilihan Walikota) Kota Semarang Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Relawan Matabu Jaya Singkirkan Pohon Tumbang di Jalan Rintis

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 15 Maret 2022 - 23:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Angin kencang yang tiba-tiba datang mendahului curah hujan di seputaran Kota Tamiang Layang Kabupaten Timur sekitar pukul 14.30 WIB menyebabkan pohon tumbang dan menimpa kabel listrik di Jalan Rintis menuju Kantor Samsat. Beruntung tidak ada pengguna jalan yang tertimpa pohon tersebut.

Kondisi ini menyebabkan pengguna kendaraan bermotor sempat terhambat beberapa menit. Relawan Matabu Jaya yang menerima informasi tersebut segera turun ke lokasi untuk memangkas dan menyingkirkan karet tersebut.

"Pohon karet memang agak rapuh, karena itu masyarakat perlu waspada saat angin kencang dan melewati jalan pinggirnya ditanami pohon karet yang sudah tua atau besar-besar," kata Ketua Relawan Matabu Jaya, Safrahuddin yang turun langsung bersama tim dengan membawa gergaji mesin atau senso dan parang.

Koordinator Kebencanaan Relawan Matabu Jaya, Ahmad Khomaru juga mengingatkan masyarakat agar tidak sungkan meminta bantuan ke Relawan Matabu Jaya jika ada pohon tumbang atau bencana lain yang terjadi di lingkungan.

"Kami selalu siap untuk membantu semaksimal mungkin yang kami bisa," kata Khomaru.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika atau BMKG meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi cuaca ekstrem yang dapat terjadi hingga April mendatang.

“Mengingat potensi cuaca ekstrem berupa puting beliung, hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang masih dapat terjadi pada Maret-April, maka BMKG memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya potensi cuaca ekstrem tersebut,” ujar Kepala Stasiun Meteorologi Sanggu, Nur Setiawan.

Dia juga meminta masyarakat untuk mewaspadai dampak yang dapat ditimbulkan akibat cuaca ekstrem berupa bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, jalan licin, pohon tumbang, dan lain sebagainya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru