Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

RSUD Pulang Pisau Akan Bangun Bank Darah

  • Oleh Asprianta
  • 21 April 2022 - 06:50 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau - Dalam rangka memenuhi kebutuhan darah di Kabupaten Pulang Pisau, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat berencana menyiapkan Bank Darah.

Direktur Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Pulpis dr Muliyanto Budiharjo mengatakan tujuan pembentukan bank darah itu dalam rangka memenuhi kebutuhan darah di Rumah sakit bagi pasien yang memerlukan dan membutuhkan darah.

"Untuk ketersediaan darah dirumah sakit ada tapi tidak banyak karena kita gak berani men stok darah tapi kalau ada yang mau mendonorkan darah akan kami fasilitasi," ucap Direktur BLUD RSUD Pulpis.

dr Mul sapaan akrab Direktur BLUD RSUD Pulpis itu juga menyampaikan bagi masyarakat yang mau melakukan transfusi darah silahkan menghubungi pihak rumah sakit.

"Kami sangat senang karena selama pandemi covid 19 ini kita belum bisa laksanakan bakti sosial. Jadi bagi keluarga yang mau melaksanakan operasi kita sarankan untuk menghubungi keluarga atau kerabat terdekat hal ini demi untuk mencegah adanya penyakit lain didalam darah pada saat melakukan pendonoran," katanya.

Ia juga menyampaikan untuk ketersediaan stok darah dirumah sakit ada namun terbatas. karena tidak memiliki bank darah, pihaknya saat ini pihaknya hanya memiliki daftar orang-orang yang biasa melakukan donor darah.

"Dan jika tidak adapun perawat-perawat kami juga bisa melakukan donor darah. Jika terjadi, permasalahan di rumah sakit terhadap ketersediaan darah dan pihak keluarga tidak ada maka perawat kami akan menghubungi para pendonor yang biasa mendonorkan darahnya kita juga akan menghubungi PMI kapuas apabila stok tidak ada dan PMI provinsi," tambahnya.

Mul juga mengungkapkan pihaknya ada kerja sama dengan Polres Pulang Pisau terkait dengan pendonor darah karena polres pulang pisau lumayan banyak anggotanya dan agak sedikit mudah mencari darah. 

"Bahkan kita sudah ada MuO dengan Polres Pulang Pisau, terkait donor. bagi kawan media yang bersedia melaksanakan donor darah kita akan fasilitasi atau bakti sosialnya,mau dari organisasi media yang mana terserah saja kita akan dukung," tutupnya. (ang)

Berita Terbaru