Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Latar Belakang Diadakannya Pelatihan Sanggar Seni dan Budaya Kabupaten Gunung Mas 2022

  • Oleh Riska Yulyana
  • 21 April 2022 - 20:11 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Eigh Manto memaparkan latar belakang digelarnya kegiatan pelatihan sanggar seni dan budaya Kabupaten Gunung Mas pada Kamis 21 April hingga Jumat 22 April 2022.

"Ada 31 sanggar seni dan budaya di Kabupaten Gumas yang aktif dan ada beberapa kendala yang dialami oleh mereka," ujarnya.

Kendala tersebut ditemukan usai Disbudpar melakukan monitoring dan evaluasi terhadap kelompok kesenian dan sanggar seni yang ada di Kabupaten Gunung Mas pada tahun anggaran 2021 lalu.

Dijelaskan kendala pertama yakni sanggar atau kelompok seni yang ada di wilayah setempat masih belum memenuhi kriteria standar usaha sanggar seni sebagaimana yang diatur dalam Pertura Menteri Pariwisata RI nomor 21 tahun 2015 tentang standar usaha sanggar seni.

Kendala yang kedua yakni adanya keterbaasan sumber tenaga pelatih pada setiap sanggar sehingga menjadi kendala sebuah sanggar dalam pengembangan kesenian tradisional daerah Kabupaten Gunung Mas.

Karena latar belakang tersebutlah, Pemkab Gunung Mas melalui Disbudpar perlu menggelar pelatihan sanggar seni dan budaya yang diselenggarakan di Aula Hotel Zefanya pada Kamis 21 April hingga Jumat 22 April 2022.

Dalam pelatihan ini peserta akan mendapatkan tiga materi yakni pertama materi tentang manajemen atau pengelolaan sanggar, kedua tentang basic tari terakhir materi tentang basic musik.

"Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan bisa mendorong sanggar memenuhi kriteria standar usaha sanggar seni dan juga bisa membuat sanggar seni menjadi lebih mandiri sehingga ke depannya bisa berperan dalam melestarikan kebudayaan dan kesenian tradisional," tukas Eigh Manto. (RISKA YULYANA/B-6)

Berita Terbaru