Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Targetkan Program Eliminasi HIV AIDS 2030

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 10 Juni 2022 - 13:51 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Tengah (Kalteng) mengingatkan tentang program global dengan target eliminasi Human Immunodeficiency Virus (HIV) pada 2030.

"Sejalan dengan target global untuk mengakhiri epidemi AIDS pada tahun 2030, maka Indonesia telah menetapkan untuk mencapai 90-90-90 dan three zero/3.0," kata Kepala Dinkes Kalteng, Suyuti Syamsul seperti dikutip dari MMC Kalteng.

Penetapan tersebut mendorong 90 persen Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) mengetahui status HIV nya, kemudian 90 persen ODHA yang tahu statusnya mendapat ARV, 90 persen ODHA on ART mengalami supresi virus.

Sedangkan untuk three zero adalah target untuk zero (nol) infeksi baru, zero kematian terkait AIDS terakhir zero stigma dan diskriminasi.

"Tujuan program pencegahan dan pengendalian HIV, AIDS dan PIMS pada tahun 2020-2024 secara nasional yaitu untuk menurunkan infeksi baru HIV, menurunkan kematian yang diakibatkan oleh AIDS, meniadakan diskriminasi terhadap ODHA,” jelas Suyuti.

Selain menargetkan menurunkan penularan infeksi baru HIV, ditargetkan juga penurunan infeksi baru penyakit menular seksual Sifilis, dan juga Hepatitis B pada bayi. (HERMAWAN DP/B-6)

Berita Terbaru