Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wakil Bupati Gumas Minta Pihak Terkait Bekerja Sama Capai Target UHC

  • Oleh Riska Yulyana
  • 15 Juni 2022 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P Umbing meminta pihak-pihak terkait untuk bekerja sama dalam mencapai target Universal Health Coverage (UHC) tahun 2024 yakni 98 persen.

Perlu diketahui, hingga Juni 2022, Kabupaten Gunung Mas baru mencapai cakupan peserta BPJS Kesehatan sebesar 84,31 persen. Untuk mencapai target UHC 98 persen, dibutuhkan 17.880 peserta baru yang mendaftar BPJS Kesehatan.

"Ini tugasnya Dinas Sosial (Dinsos) untuk mencari pihak-pihak yang bisa didaftarkan sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) baik yang APBD maupun APBN," ujar Efrensia, Selasa, 14 Juni 2022.

Terkait dana untuk membayar PBI APBD, Wakil Bupati Gumas ini mengaku akan berupaya untuk mencari sumber dana termasuk dari CSR Perusahaan Besar Swasta (PBS) di wilayah setempat.

Selain itu, Efrensia juga meminta pada Dinas Transmigrasi, Tenaga Kerja, Koperasi (Distransnakerkop) dan UKM Kabupaten Gunung Mas untuk mengecek apakah masih ada perusahaan di Kabupaten Gumas yang belum mendaftarkan karyawannya menjadi peserta BPJS Kesehatan. Jika ada, Distransnakerkop dan UKM Kabupaten Gumas bisa mengimbau dan mengajak untuk segera mendaftarkannya.

Ia juga meminta pihak-pihak terkait agar bisa mengajak masyarakat yang belum menjadi peserta BPJS Kesehatan untuk segera mengurusnya. Dengan demikian, semua warga di Kabupaten Gunung Mas perlahan bisa menjadi peserta BPJS Kesehatan dan bisa mencapai target tersebut.

"Harapan kita, semua masyarakat khusunya di Kabupaten Gunung Mas bisa segera menjadi peserta BPJS Kesehatan. Jangan sampai ketika sudah sakit baru kebingunan ingin menjadi peserta BPJS Kesehatan," tukas Efrensia.

Perlu diketahui, pada Selasa, 14 Juni 2022, pemerintah Kabupaten Gunung Mas menggelar monitoring dan evaluasi (monev) kepesertaan dan pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Kabupaten Gunung Mas bersama dengan pihak BPJS Kesehatan Cabang Palangka Raya. (RISKA YULYANA/B-7)

Berita Terbaru