Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Tanah Datar Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pulau Salat Sukses Jadi Tempat Pra Pelepasliaran Orangutan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Juni 2022 - 07:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Area konservasi milik PT Sawit Sumbermas Sarana Tbk atau SSMS yaitu gugusan Pulau Salat sukses menjadi tempat pra pelepasliaran orangutan di Kalimantan Tengah.

"Pulau Salat kami katakan sukses jadi tempat pra pelepasliaran orangutan terbukti dengan kembali dilepaskannya 4 individu Orangutan ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya atau TNBBBR pada awal bulan Juni 2022 ini kemarin," kata Head of Sustainability SSMS, Henky Satrio dalam rilisnya kepada Borneonews pada Rabu, 29 Juni 2022.

Sejak resmi dijadikan sebagai tempat pra pelepasliaran Orangutan sejak tahun 2017 lalu, lanjut Henky, kini kembali lagi bekerjasama dengan Yayasan Borneo Orangutan Survival atau BOSF 4 individu Orangutan telah dilepasliarkan yang terdiri dari 2 jantan yakni Jazzboy dan Dius, serta 2 betina yakni Itang dan Sebangau.

"Semakin banyak Orangutan dari Pulau Salat yang dikembalikan ke alam liar menandai keberhasilan Gugusan Pulau Salat yang dipilih sebagai Pulau Pra Pelepasliaran," tuturnya.

Keberadaan pulau ini menurutnya menjadi terobosan baru dan solusi yang cukup baik dalam upaya menyelamatkan dan melestarikan orangutan yang hampir punah di Kalimantan Tengah.

"Setelah berhasil melepasliarkan 4 individu, Pulau Salat juga kembali kedatangan 4 penghuni baru, yakni 1 jantan bernama Happy dan 3 betina bernama Jessy, Jengyos, Kapuan," jelasnya lagi. (TESTI PRISCILLA/B-5)

Berita Terbaru