Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Soppeng Pilkada Serentak 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Masyarakat Selat Sampaikan Sejumlah Aspirasi ke Anggota DPRD Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 04 Juli 2022 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Saat melaksanakan reses di Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas belum lama ini, masyarakat setempat menyampaikan sejumlah aspirasi ke Anggota DPRD Kalteng.

Seperti halnya di Kelurahan Selat Utara, masyarakat di sana mengusulkan adanya bimbingan teknis (bimtek) pengelolaan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes) secara berkelanjutan dari pemerintah.

"Mereka menginginkan adanya bimtek itu agar kedepan pengelolaan dan pelaporan kegiatan dana desa bisa dipertanggungjawabkan dengan benar, serta dimanfaatkan dengan baik untuk pembangunan desa," ungkap Anggota DPRD Kalteng, Rusita Irma, Senin, 4 Juli 2022.

Selain itu, ada juga usulan mengenai harapan adanya pembuatan peraturan desa yang nantinya mengatur angkutan yang bisa masuk atau menggunakan jalan dalam desa di wilayah tersebut guna meminimalisir kerusakan.

Tidak hanya itu, terkait peningkatan pelayanan pemerintah juga menjadi aspirasi masyarakat, agar bisa mendapat kemudahan dalam birokrasi, khususnya bagi masyarakat kalangan bawah yang masih minim pengetahuan mengenai aturan.


Selanjutnya, usulan lain yang disampaikan masyarakat yaitu terkait bantuan perbaikan langgar yang ada di wilayah itu. Sebab, langgar yang ada saat ini tengah mengalami kerusakan di beberapa bagian terutama dinding yang mulai keropos.

"Perbaikan sejumlah ruas jalan dan penambahan penerangan jalan, serta kesejahteraan kader posyandu juga menjadi aspirasi masyarakat yang diharapkan dapat diperhatikan," jelasnya.

Kemudian di sektor perekonomian, ada usulan agar pemerintah bisa memfasilitasi adanya kerja sama antara masyarakat dengan investor dalam pengelolaan lahan melalui penyediaan teknologi cocok tanam benihserta teknologi lainnya dengan pola bagi hasil.

"Dengan adanya kerjasama itu diharapkan masyarakat tidak harus menjual lahan mereka. Selain itu, untuk menambah penghasilan, masyarakat juga mengusulkan pengadaan alat peracik sampah plastik, sehingga dapat memudahkan warga mengolah sampah," tandasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru