Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemerintah Diminta Perhatikan Sektor Kesehatan di Kalteng

  • Oleh Donny Damara
  • 08 Juli 2022 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Heri Santoso meminta pemerintah khsusnya pemprov agar dapat memerhatikan sektor kesehatan di Kalteng, terutama berkaitan dengan jaminan kesehatan nasional (JKN) bagi masyarakat kurang mampu.

Heri mengungkapkan, ketika melaksanakan kunjungan kerja ke Kabupaten Lamandau, pemerintah setempat menyampaikan aspirasi terkait bantuan JKN ke pihaknya. Sebab, untuk saat ini, tengah mengalami kesulitan mengenai pendanaan.

"Sebelumnya pembiayaan JKN bagi masyarakat tidak mampu mendapat bantuan dari pemprov. Tapi setelah adanya pandemi Covid-19, kurang lebih ada 1000 perserta JKN yang dikembalikan ke pemerintah kabupaten. Ini yang menjadi persoalan dan menjadi beban anggaran Kabupaten Lamandau," ungkapnya, Jumat, 8 Juli 2022.

Dia menjelaskan, dari informasi yang pihaknya dapatkan juga, Pemerintah Kabupaten Lamandau belum mampu merealisasikan hingga 95 persen kepersertaan JKN. Sehingga, dana yang digunakan untuk menanggung masyarakat sebagai peserta tidak mampu dan tidak dapat dipenuhi.

Selain itu, keterbatasan dana juga menyulitkan pemerintah kabupaten tersebut untuk melakukan sejumlah peningkatan dan perbaikan fasilitas kesehatan, seperti pondok bersalin desa (Polindes) di beberapa daerah yang terdata mengalami kerusakan baik ringan maupun berat.

"Ada beberapa polindes yang memerlukan perbaikan atau rehab dengan tingkat kerusakan ringan atau berat. Tapi karena keterbatasan dana, perbaikan itu tidak bisa dilakukan, karena dana sekitar Rp 8 miliar itu dipakai untuk membayar JKN. Makanya, diharapkan ada bantuan dari pemprov," tukasnya. (DONNY D/B-7)

Berita Terbaru