Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Katingan Pamerkan Produk Kerajinan Unggulan di Kalteng Expo

  • Oleh ANTARA
  • 17 Juli 2022 - 17:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Katingan memamerkan produk unggulan kerajinan tangan dalam Kalimantan Tengah Expo 2022 yang digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Tengah ke 65. 

"Pada hari pertama pembukaan, hampir semua produk kerajinan tangan khas Katingan menjadi rebutan pengunjung ekspo," kata Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Katingan, Henni, Sabtu 16 Juli 2022.

Dalam pameran Kalteng Expo tahun ini stan Katingan diisi berbagai produk kerajinan tangan khas daerah

Produk kerajinan tangan yang dipasarkan diantaranya kerajinan berbahan kayu seperti ukiran berbentuk ikan, tombak, dan mandau. Kerajinan berbahan rotan seperti tas tangan, hingga tudung saji. "Selain itu benang bintik bermotif khas Katingan seperti buah durian," katanya.

Selanjutnya, kain tenun buatan penenun di Tumbang Samba Kecamatan Katingan Tengah, berbagai jenis camilan seperti keripik pisang, ikan kering, dan beras dari Pagatan Kecamatan Katingan Kuala. Selain itu juga ada teh bajakah asal Desa Karuing Kecamatan Mendawai, maupun madu kelulut binaan DLH Katingan.

"Tidak menyangka sampai hari keempat pameran produk kerajinan tangan khas Katingan hampir habis laku terjual. Mungkin karena kualitasnya yang baik dan harga yang terjangkau," ucapnya.

Di tempat yang sama anggota TP-PKK Pokja II Munawarah mengatakan sedikitnya 12 organisasi perangkat daerah yang ikut berpartisipasi mengisi stan Katingan, termasuk Lapas Narkoba Kasongan.

Kerajinan tangan yang dipamerkan merupakan karya anggota Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) binaan TP-PKK Katingan, UMKM, Dekranasda, Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Katingan, serta warga binaan Lapas Narkoba, maupun pemangku kepentingan lain.

"Kami berharap kegiatan seperti ini bisa berkelanjutan dilaksanakan karena sangat bermanfaat untuk mengenalkan sekaligus meningkatkan penjualan produk kami," demikian Munawarah.

ANTARA

Berita Terbaru