Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gumas Gelar Advokasi Kebijakan Pendampingan Pengarusutamaan Gender

  • Oleh Riska Yulyana
  • 28 Juli 2022 - 12:10 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemerintah Kabupaten Gunung Mas melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) setempat gelar kegiatan advokasi kebijakan dan pendampingan pelaksanaan pengarusutamaan gender (PUG) termasuk perencanaan penganggaran responsif gender (PPRG) tingkat kecamatan tahun 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di GPU Damang Baru Kuala Kurun pada Kamis, 28 Juli 2022.

"Strategi Nasional perencanaan PUG disusun agar pelaksanaan Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender (PPRG) menjadi lebih terarah, sistematis dan sinergis, baik di tingkat nasional maupun daerah," ujar Kepala DP2KBP3A Maria Efianti, Kamis 28 Juli 2022.

Maria menjelaskan lebih lanjut, tujuan pertama digelarnya kegiatan tersebut yakni agar peserta memiliki pemahaman yang jelas mengenai konsep gender dan Pengarusutamaan Gender, dan
Perencanaan dan Penganggaran Responsif Gender(PPRG) di Kecamatan.

Kemudian, agar memiliki pemahaman dasar dan alat analisis gender, termasuk Gender Analysis Pathway (GAP), dan Gender Budget Stateman (GBS).

Selanjutnya, diharapkan dengan adanya kegiatan ini peserta mampu melaksanakan proses serta menguasai perencanaan dan penganggaran yang berperspektif gender.

"Peserta kegiatan Advokasi Kebijakan dan
Pendampingan Pelaksanaan PUG Termasuk PPRG diikuti sejumlah 24 orang yaitu Camat dan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Keuangan dan Aset Kecamatan se-kabupaten Gunung Mas," tukas Maria.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni Fungsional Perencana Ahli Muda dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk Dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Provinsi Kalimantan Tengah Eni Priatminingsih, dan Pengawas Perempuan dan Anak DP3APPKB Provinsi Kalimantan Tengah Ricko Brilyanu. (RISKA YULYANA/B-5)

Berita Terbaru