Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Agustus 2022 - 15:00 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) yang digelar Pemkab Sukamara pada Kamis, 5 Juli 2022 sebagai upaya pemberdayaan masyarakat dalam memberikan perlindungan kepada anak.

Wakil Bupati Sukamara H Ahmadi mengatakan, berdasarkan undang-undang tentang perlindungan anak yang menegaskan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan perlindungan anak, sehingga Kementerian PPPA menginisiasi gerakan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dalam rangka meningkatkan peran serta masyarakat terhadap perlindungan anak.

"PATBM ini adalah gerakan warga masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk tujuan perlindungan anak," kata Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi saat membuka kegiatan.

Menurut dia, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat adalah merupakan ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

"Kita percaya melalui gerakan PATBM ini kita mampu bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak di wilayah Kabupaten Sukamara" ucapnya.

Ahmadi menambahkan, bahwa pada tahun 2016 pemerintah melalui Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak telah menginisiasi pembentukan model PATBM di 34 Provinsi, 68 kabupaten kota, dan 136 desa dan  kelurahan sebagai bentuk upaya pemberdayaan masyarakat, aparat desa atau perangkat Kelurahan, dunia usaha, media dan anak dengan mengacu pada prinsip hak anak. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru