Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Sukamara Berkomitmen Bentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Agustus 2022 - 16:10 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukamara berkomitmen membentuk Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) di Bumi Gawi Barinjam sebagai upaya memberikan perlindungan kepada anak.

"Pemerintah daerah berkomitmen untuk membentuk dan replikasi PATBM di wilayah Kabupaten Sukamara," kata Wabup Sukamara, H Ahmadi dalam membuka Sosialiasi PATBM di aula Bappeda Sukamara, Kamis, 4 Agustus 2022.

Yang diharapkan kedepannya PATBM dapat menjadi gerakan masif dan berkelanjutan di masyarakat dalam penanganan perlindungan terhadap anak, mulai dari pencegahan serta respon cepat apabila terjadi kekerasan terhadap anak.

"Agar menjadi gerakan yang efektif dan berkelanjutan, ada beberapa komponen yang harus dipersiapkan diantaranya adalah pengelolaan sumber daya manusia dan pembiayaan," ujarnya.

Untuk kegiatan PATBM sumber pendanaan bisa diakses oleh masyarakat dari APBDes sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa.

"Di mana telah memberikan tanggung jawab bagi desa untuk berperan besar dalam pemenuhan hak-hak warga negara termasuk hak anak," kata Ahmadi.

Wabup menjelaskan, PATBM ini adalah gerakan warga masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk tujuan perlindungan anak, dan ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru