Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wabup Sukamara Harapkan PATBM Dapat Memberikan Perlindungan Anak

  • Oleh Norhasanah
  • 04 Agustus 2022 - 16:50 WIB

BORNEONEWS, Sukamara - Wakil Bupati Sukamara, H Ahmadi berharap Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dapat mencapai tujuan dalam upaya memberikan perlindungan terhadap anak.

"Pemerintah dan berbagai lambang terkait telah banyak melakukan program atau kegiatan yang mendukung terpenuhnya perlindungan anak, akan tetapi berbagai program tersebut belum mampu mengatasi berbagai kekerasan terhadap anak," kata Ahmadi dalam membuka Sosialiasi PATBM di aula Bappeda Sukamara, Kamis, 4 Agustus 2021.

Menurut dia, hal tersebut terjadi karena upaya perlindungan anak belum banyak menekankan pada aspek pencegahan, dan belum dilakukan secara terpadu dengan melibatkan keluarga, anak dan masyarakat secara bersama-sama.

"Oleh karena itu, kita percaya melalui gerakan PATBM ini kita mampu bekerja secara terkoordinasi untuk mencapai tujuan perlindungan anak di wilayah Kabupaten Sukamara," ujarnya.

Ahmadi menjelaskan, Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat atau PATBM adalah gerakan warga masyarakat yang bekerja secara terkoordinasi untuk tujuan perlindungan anak, dan ujung tombak untuk melakukan upaya-upaya pencegahan dengan membangun kesadaran masyarakat agar pemahaman, sikap dan perilaku yang memberikan perlindungan kepada anak.

"Pemerintah daerah berkomitmen untuk membentuk dan replikasi PATBM di wilayah Kabupaten Sukamara, sehingga PATBM dapat menjadi gerakan masif dan berkelanjutan di masyarakat dalam penanganan perlindungan terhadap anak, mulai dari pencegahan serta respon cepat apabila terjadi kekerasan terhadap anak," tukas Ahmadi. (NORHASANAH/B-5)

Berita Terbaru