Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disbudpar Pulang Pisau Dukung Acara Rapim Adat Kedemangan Jabiren Raya

  • Oleh Asprianta
  • 11 Agustus 2022 - 20:40 WIB

BORNEONEWS, Pulang Pisau  - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pulang Pisau (Disbudpar Pulpis) mengapresiasi kegiatan Pumpung Mantir Adat atau rapat pimpinan (Rapim) adat yang dilaksanakan Kedemangan Kecamatan Jabiren Raya.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Pulpis, Bakhzar Effendi yang turut menghadiri kegiatan para mantir adat se Kecamatan Jabiren Raya. 

“Mengapresiasi dan menyambut baik terlaksananya acara Pumpung Mantir Adat se-Kecamatan Jabiren Raya ini,” kata Kadisbudpar Pulang Pisau kepada awak media, Kamis.

Menurutnya kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh Kedemangan Jabiren Raya itu tidak lain sebagai ajang silaturahmi dan pertemuan langsung antara para Damang dan Mantir Adat untuk membahas terkait perkembangan adat istiadat di wilayah Kecamatan Jabiren Raya.

Bakhzar juga mengungkapkan akan memprogramkan kegiatan serupa yang akan dilaksanakan untuk wilayah tingkat Kabupaten.

“Sekali lagi kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh apa-apa nantinya yang akan dilakukan para Damang maupun Mantir Adat. Dan kita akan memprogramkan agar dapat dilaksanakan berskala kabupaten,” katanya.

Dalam waktu bersamaan Bakhzar juga menyerahkan Surat Keputusan atas terbentuknya Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di dua desa di wilayah Kecamatan Jabiren Raya, yakni Pokdarwis Desa Jabiren dan Desa Tanjung Taruna.

“Harapan kami terbentuknya kepengurusan Pokdarwis di dua desa ini, agar lebih bisa menggali dan mampu memanajemen potensi wisata baik itu wisata budaya maupun wisata alam dan lainnya sebagai tempat tujuan wisata di desa tersebut,” pesan Bakhzar didampingi Kabid Pariwisata, Gotat, dan Kabid Bidang Pemasaran, Promosi dan Kemitraan, Muhammad Juanda.

Dalam kesempatan itu Kadisbudpar Pulpis juga tidak lupa menyampaikan pesan Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang jika agenda pumpung kedamangan yang di gelar sangat penting untuk mendorong kemajuan adat dan budaya di wilayah kerja kedamangan.

Menurut pihaknya Kedamangan Jabiren Raya, menjadi satu-satunya kedamangan di wilayah Kabupaten Pulang Pisau yang konsisten melaksanakan mengumpulkan mantir kedamangan. Ini sangat positif dan bisa menjadi contoh untuk kedamangan lainnya. 

“Pemerintah daerah tentu mengapresiasi kegiatan seperti ini, bahkan informasi dari kecamatan. Nuansa adat sangat kental diterapkan dalam kehidupan warga Jabiren raya, seperti dalam perkawinan, acara adat. Kedepan mudahan-mudahan kegiatan seperti ini bisa terus berjalan konsisten,” tukasnya.

Sementara itu Damang Kecamatan Jabiren Raya Saipul mengungkapkan kegiatan itu dalam rangka memperkuat eksistensi adat serta mendorong program kedamangan Jabiren raya.

Kegiatan yang nengangkat tema “Hapakat Himbing Lenge Panunjung Tarung” dikatakan Damang Jabiren Raya, Saipul jika kegiatan rapat kedamangan tersebut melibatkan sekitar 42 peserta, Mulai dari para mantir adat Se-kecamatan Jabiren Raya, DAD dan Batamad Kecamatan,unsur Tripika, Disbudpar Pulang Pisau, kecamatan, DAD Kabupaten, Mahasiswa KKN.

Berita Terbaru