Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPMPTSP Kotim Harapkan Nilai Baik dari Lembaga Ombudsman di 2022

  • Oleh Noor Annisa
  • 16 Agustus 2022 - 22:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) berharap mendapatkan nilai baik dari lembaga Ombudsman pada t2022 ini.

Ombudsman merupakan lembaga negara yang memberikan pengawasan serta penilaian terhadap penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pelayan publik seperti halnya DPMPTSP.

Serketaris DPMPTSP, Akhmad Joniansyah menyebut penilaian yang diberikan oleh lembaga Ombudsman berdasarkan standar pelayanan publik yang tertuang dalam undang-undang nomor 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.

"Penilaian setiap tahun dilakukan  dan ada penghargaannya,"katanya, Selasa, 15 Agustus 2022. Saat ini pihaknya sedang dalam rangka merampungkan segala keperluan untuk penilaian tersebut dan berharap nantinya akan mendapatkan nilai yang baik, setelah dua tahun penilaian ditiadakan karena terkendala covid-19.

Dia menjelaskan indikator penilaian dari Ombudsman mencakup keseluruhan pelaksanaan pelayanan sebanyak 14 butir. Mulai dari dasar hukum, mekanisme dan prosedur pelayanan hingga fasilitas.

"Kompetensi pelaksana itu dinilai juga, pengawasan internal, penanganan pengaduan saran dan masukan. Kemudian jumlah pelaksana, jaminan pelayanan yang memberikan kepastian sesuai dengan standar pelayanan," sebutnya.

Selanjutnya jaminan keamanan dan keselamatan pelayanan, terakhir evaluasi kinerja pelaksana. Semuanya ini sudah dilakukan evaluasi sehingga nanti diharapkan bisa mendapatkan nilai yang baik sebagai bentuk pembuktian bahwa DPMPTSP sudah melakukan pelayan publik sesuai dengan standar yang ditetapkan. (NOOR ANNISA/B-6)

Berita Terbaru