Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Daftar Pemenang Permainan Rakyat Hari Kedua Festival Budaya Nansarunai Jajaka

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 21 Agustus 2022 - 18:10 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Lomba permainan rakyat yang diadakan pada hari kedua Festival Budaya Nansarunai Jajaka, Minggu, 21 Agustus 2022, diikuti oleh perwakilan desa dan kecamatan di Kabupaten Barito Timur.

Adapun jenis permainan yang dilombakan yaitu bakahing, balogo dan lomba mangatek.

Pada lomba bakahing putra juara I diraih oleh Perwakilan Kecamatan Paku, juara II Perwakilan Desa Haringen dan juara III Perwakilan Desa Pulau Patai. Kemudian bakahing putri juara I diraih oleh Perwakilan Kecamatan Dusun Timur, juara II oleh Perwakilan Desa Didi dan juara III diraih oleh perwakilan Kecamatan Raren Batuah.

Untuk lomba mangatek putra juara I diraih oleh Perwakilan Kecamatan Awang, juara II Perwakilan Desa Jaweten dan juara III diraih oleh Perwakilan Kelurahan Tamiang Layang. Kemudian mangatek putri juara I diraih oleh Perwakilan Desa Jaar, juara II Perwakilan Desa Jaweten dan juara III diraih oleh Perwakilan Desa Janah Jari.

Selanjutnya untuk lomba balogo putra juara I diraih oleh Kelompok Yosia, Kristeni dan Uno Kariato, juara II Kelompok Ronal Mapas, Judika dan Butbut serta juara III diraih Kelompok Rian, Dera dan Dero. Lomba balogo putri juara I diraih oleh Kelompok Kakalni, Yosepa dan Hernivila, juara II Kelompok Anita, Elisawa dan Sulastriani serta juara III diraih oleh Kelompok Anda, Sionia dan Santi.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Barito Timur Forty Rickyannou menjelaskan, pada lomba mangatek setiap peserta harus membidik empat kaleng yang telah disusun secara berurutan dari kiri ke kanan. Bidikan yang mengenai kaleng namun tidak berurutan tidak akan dihitung poin.

"Dalam perlombaan ini setiap peserta diberi waktu tiga menit," jelasnya usai perlombaan.

Pada lomba bakahing terdiri dari dua kategori yaitu tanir atau tanding putaran, pada kategori ini yang dinilai adalah cara memainkan kahing atau gasing dengan benar serta ketahanan berputar. Kategori kedua yaitu ngindruk atau memukul, pada permainan ini salah satu pemain memukulkan kahingnya pada kahing lawan yang sudah dimainkan lebih dahulu.

"Kalau balogo dimainkan oleh kelompok yang terdiri dari tiga orang. Untuk mendapatkan poin setiap kelompok harus menjatuhkan semua logo yang dipasang," terang Forty.

Dia mengungkapkan, pada hari terakhir festival, Senin, 22 Agustus 2022, kegiatan juga dimulai pukul 09.00 WIB dengan lomba permainan rakyat besei kambe, senam igal nansarunai dan manyipet.

"Selanjutnya pada pukul 19.00 WIB akan diadakan parade band etnik dan pada pukul 22.00 WIB acara Festival Budaya Nansarunai Jajaka ditutup," tandasnya. (BOLE MALO/B-7) 

Berita Terbaru