Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

59 Peserta dari Berbagai Daerah Ikut Lomba Manyipet Festival Budaya Nansarunai Jajaka

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 22 Agustus 2022 - 17:51 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Sebanyak 59 peserta dari berbagai kabupaten di Provinsi Kalteng dan Kalsel mengikuti lomba manyipet atau menyumpit yang diadakan pada hari terakhir Festival Budaya Nansarunai Jajaka Kabupaten Barito Timur, Senin, 22 Agustus 2022.

Koordinator perlombaan manyipet Supawardani A Batur menjelaskan peserta lomba berasal dari Kabupaten Barito Timur, Kota Banjarmasin, Balangan, Tabalong, Barito Kuala, Barito Selatan dan Kabupaten Barito Utara.

"Lomba manyipet dilaksanakan dalam dua kategori yakni kategori umum yang diikuti oleh peserta dari berbagai daerah dan kategori khusus yang diikuti oleh peserta khusus dari Barito Timur," ujarnya.

Dani menjelaskan, sumber dana untuk kegiatan tersebut serta hadiah bagi pemenang lomba berasal dari APBD Barito Timur dan sponsor KNPI Barito Timur.

Sementara itu saat membuka perlombaan manyipet, Sekda Barito Timur Panahan Moetar menyampaikan ucapan terima kasih kepada KNPI Barito Timur sebagai sponsor perlombaan serta kepada peserta lomba yang datang dari berbagai daerah.

"Saya sempat merasa khawatir jangan olahraga tradisional kita ini tidak ada peminatnya, apalagi anak muda. Ternyata perkiraan saya meleset, dan puji syukur generasi muda banyak yang berminat pada olahraga manyipet dan mengikuti perlombaan di sini datang dari berbagai daerah," tuturnya.

Panahan berharap selain peserta lomba dapat meraih prestasi, ajang ini menjadi kesempatan untuk melestarikan adat dan budaya Kalimantan Tengah.

"Mohon kepada generasi atas dan generasi Tengah agar terus membina generasi bawah supaya tradisi ini dapat terpelihara dengan baik," ujarnya.

Perlombaan manyipet diikuti oleh orang tua maupun muda tanpa pembatasan usia, namun jarak manyipet dibedakan untuk putri sejauh 20 meter sedangkan putra 25 meter.

Pada perlombaan ini KNPI menyediakan hadiah total Rp15 juta dengan rincian juara I Rp3,5 juta, juara II Rp2 juta, juara III Rp1,5 juta dan juara IV Rp500 ribu. (BOLE MALO/B-6)

Berita Terbaru